Fasilitas Mahasiswa

Mahasiswa di Institut Teknologi Del memiliki fasilitas yang diberikan pihak yayasan. Fasilitas yang dimiliki mahasiswa yaitu Laboratorium dan kelas, Akomodasi, Kantin, Perpustakaan, Hiburan dan Olahraga, dan Klinik.

Laboratorium dan Kelas

Laboratorium

Laboratorium Komputer dan bahasa diberikan untuk melancarkan pembelajaran mahasiswa yaitu sebagai sarana kerja, pendidikan, penelitian maupun pengabdian pada masyarakat. Setiap laboratorium diberikan sekumpulan perangkat yang terdiri atas Komputer Desktop, Laptop, AC, projector, printer, dan perangkat lain sesuai dengan kebutuhan dari laboratorium.

Pembagian laboratorium di Institut Teknologi Del

Laboratorium Komputer

Untuk program studi teknik komputer ada 3 laboratorium yang digunakan yaitu Laboratorium Administrasi Jaringan Komputer di Gedung 513, Laboratorium Komputasi Awan dan Cisco Academy di Gedung 514, dan Laboratorium Arsitektur Komputer dan Sistem Tertanam di Gedung 713.

Laboratorium Bahasa

Fasilitas ini disediakan untuk:

    – Sebagai ruang rapat bagi dosen.
    – Mahasiswa yang sedang mengadakan acara seperti DEC (Del english Club)
    – Ruangan saat mahasiswa melaksanakan sidang, presentasi proyek, dll

Adapun fasilitas yang disediakan adalah:

    – 1 Unit PC yang dikhususkan dipakai oleh operator
    – Headphone sebanyak 10 buah
    – 1 buah infokus
    – Dilengkapi dengan meja dan kursi

Fungsi Laboratorium di Institut Teknologi Del adalah:

    1. Sebagai laboratorium pengajaran
    2. Sebagai laboratorium mandiri mahasiswa
    3. Sebagai laboratorium pelatihan

Kelas

Mahasiswa memiliki kelas untuk kuliah pada jam akademik dan untuk kolaboratif pada malam harinya. Kelas untuk mahasiswa berubah-ubah baik saat jam kuliah dan kolaboratif. Kelas yang digunakan mahasiswa ada di gedung 5, gedung 7, gedung 8, dan gedung 9. Untuk prodi Teknik Komputer menggunakan kelas di gedung5, gedung 7, dan gedung 9.

Akomodasi Mahasiswa

Di Institut Teknologi Del semua mahasiswa diwajibkan untuk tinggal di asrama. Hal ini dilakukan untuk mendukung sistem pendidikan vokasi dimana mahasiswa akan melaksanakan kegiatan akademis  terjadwal sampai sore hari ditambah kegiatan kolaboratif hingga pukul 22.00 WIB. Pada pagi hari mahasiswa melakukan kurve di setiap asrama yang ditempati. Asrama mahasiswa ada di lingkungan kampus dan di luar kampus dan asrama untuk putra dan putri terpisah. Untuk mendukung kualitas hidup berasrama, mahasiswa dibimbing oleh Bapak/Ibu/ asrama dan dibantu Kakak/Abang asrama. Di asrama mahasiswa diberlakukan peraturan agar mahasiswa hidup lebih disiplin dan berbudaya. Seluruh asrama mahasiswa dilengkapi dengan tempat tidur, lemari dan juga fasilitas mandi dan mencuci yang memadai.

Kantin

Kantin Institut Teknologi Del menyediakan menu makanan yang bergizi dan sehat untuk semua mahasiswa/i. Menu yang disediakan selalu memenuhi standard gizi, sehingga mahasiswa bisa melaksanakan aktifitas perkuliahan dengan sehat dan prima.Jam makan mahasiswa yang berlaku di kantin Institut Teknologi Del selama masa perkuliahan setiap minggunya sebagai berikut:

Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat:
Makan pagi:
Makan siang:
Makan malam:
Pukul 07:00 – 07:20 WIB
Pukul 12:15 – 12:35 WIB
Pukul 19:00 – 19:20 WIB
Hari Sabtu:
Makan pagi:
Makan siang:
Pukul 08:00 – 09:00 WIB
Pukul 12:00 – 13:00 WIB

Untuk Sabtu sore dan hari Minggu, tidak ada layanan kantin untuk mahasiswa dimana untuk waktu tersebut, mahasiswa diperbolehkan keluar kampus (termasuk ijin bermalam) dan untuk makan.
Dalam pelaksanaan makan, mahasiswa dilatih juga untuk memiliki manner. Etika makan yang berlaku adalah sebagai berikut:

    a. Mahasiswa berpakaian rapi dan bersih.
    b. Mengikuti tata cara makan yang baik (table manner):
    c. Menggunakan sendok dan garpu.
    d. Mulut tertutup rapat pada saat mengunyah makanan.
    e. Tidak menimbulkan bunyi dari peralatan makan.
    f. Berbicara sewajarnya ( tidak terlalu keras sehingga tidak mengganggu orang lain).
    g. Mengambil makanan secukupnya dan menghabiskannya tanpa sisa.

Selain kantin, makanan berupa jajanan ringan bisa diperoleh di Koperasi IT Del . Dengan harga yang terjangkau, Koperasi IT Del menyediakan berbagai kebutuhan mahasiswa seperti:

  • Kebutuhan alat tulis
  • Kebutuhan mandi dan cuci
  • Makanan ringan

Perpustakaan

Perpustakaan Institut Teknologi Del dibuka mulai tanggal 9 Januari 2002 dengan sistem pelayanan open access(terbuka), artinya setiap mahasiswa bebas memasuki perpustakaan dan mengambil sendiri buku yang akan dipinjam. Perpustakaan IT Del mendapat dukungan yang sangat baik dari Yayasan Del dan juga pimpinan di IT Del. Oleh sebab itu pada tahun 2012 koleksi buku mencapai 3936 judul dan 7347 eksemplar. Selain buku, di perpustakaan IT Del disediakan koleksi pustaka periodical yang uptodate seperti: reader’s digest, national geographic, the economist, Koran kompas, Koran SIB, The Jakarta Pos, Tabloid Bola, Harian Analisa, Majalah Tempo, CHIP, INfokomputer, Infolinux, Weekender dan berbagai koleksi lain diantaranya jurnal dan prosiding. Koleksi unggulan IT Del adalah koleksi buku-buku bidang Teknologi Informasi terkini dan uptodate. Koleksi dimaksud diperoleh dari toko buku online yang tepercaya dan memasarkan buku-buku terbaru, bahkan buku yang belum terbit dapat dipesan. Selain buku-buku IT terkini, di perpustakaan juga disediakan buku-buku non IT terkini yang berguna untuk pemerkayaan pengetahuan, personal improvement, dan buku-buku yang sifatnya buku hiburan.

Berikut ini garis-garis besar tata tertib di Perpustakaan IT Del, yaitu:

Anggota perpustakaan IT Del
  1. Mahasiswa IT Del
  2. Dosen dan Staf IT Del
  3. Karyawan Del
  4. Keluarga Dosen, Staf, dan Karyawan Del
Peraturan Perpustakaan

Waktu operasional perpustakaan

  1. Senin-Jumat: 08:00-21:45 WIB
  2. Sabtu: 08:00-12:00 WIB
Aturan meminjam buku dari perpustakaan
  1. Prosedur
  2. Saat akan melakukan transaksi peminjaman buku.Mahasiswa harus membawa dan memberikan kartu keanggotaan mereka kepada petugas sesaat setelah proses transaksi selesai dilakukan.Setelah seseorang diberikan hak meminjam buku, maka setiap kerusakan atau kehilangan buku akan menjadi tanggungjawab si peminjam. Peminjam akan dikenai denda apabila mengembalikan buku melewati tanggal pengembalian yang seharusnya. Sistem informasi akan me-reminder peminjam sehari sebelum tanggal pengembalian buku

  3. Jumlah buku yang dapat dipinjam
  4. a. Untuk mahasiswa tingkat 1 dan 2 : maksimal 4 buku
    b. Mahasiswa tingkat III, mahasiswa yang sedang mengerjakan Tugas Akhir dan staf maksimal 5 buku.
    c. Peminjaman buku oleh dosen, maksimal 7 buku.

Jangka Waktu Peminjaman
  1. Mahasiswa : 7 hari. Jika tidak ada reservasi untuk buku yang dipinjam, maka si peminjam dapat memperpanjang pinjaman untuk 7 hari berikutnya
  2. Dosen dan Staf:14 hari. Dengan perpanjangan peminjaman untuk 14 hari selanjutnya
  3. Untuk buku referensi utama (Bahasa Inggris), masa peminjaman oleh mahasiswa dan dosen bidang bahasa inggris adalah 1 semester.
  4. Untuk referensi utama bidang IT, hanya dosen IT (sesuai bidang mata kuliah yang diajarkannya) dapat meminjam buku selama 1 semester.

Hiburan dan Olahraga

Selain fasilitas untuk keperluan proses belajar mengajar, IT Del juga menyediakan sarana hiburan dan olahraga bagi warga kampus IT Del. Sarana ini dimaksudkan sebagai media untuk menghilangkan kejenuhan dari kegiatan sehari-hari, media penyaluran hobi, maupun kreatifitas warga IT Del.

  • Sarana Olahraga

  • Kampus IT Del memiliki fasilitas untuk olahraga sebagai berikut:
    – Lapangan Bola basket untuk putra dan putri  (2 buah)
    – Lapangan Futsal untuk putra dan putri (1 buah)
    – Bola voli untuk putra dan putri (2 buah)
    – Badminton untuk putra dan putri (1 buah)
    – Tenis Meja untuk putra dan putri (1 buah)
    – Jogging (Lokasi kampus)

  • Hiburan

  • IT Del memiliki beberapa sarana hiburan yang dapat digunakan dosen, staf dan mahasiswa IT Del, antara lain:
    – Meja Bilyard
    – Televisi (di Entrance Halldan kantin)
    – Alat music (drum, gitar, organ, keyboard, gondang)

    Selain itu, dosen, staf dan mahasiswa IT Del mengadakan acara-acara yang bersifat hiburan pada waktu-waktu tertentu, antara lain:
    – Pertandingan olahraga dosen/staf dan mahasiswa
    – Nonton Bareng
    – Retreat rohani
    – jalan-jalan bersama

Klinik

Praktek umum dokter Del resmi didirikan pada bulan Mei tahun 2009 yang terletak di samping pintu masuk ke area kampus Institut Teknologi Del. Klinik ini didirikan untuk melayani siswa, mahasiswa, pegawai Del tetapi selain itu klinik ini juga untuk melayani masyarakat sekitar lingkungan kampus. Praktek umum ini juga bekerjasama dengan Jamsostek sebagai PPK I untuk melayani pasien-pasien yang terdaftar sebagai tanggungan Jamsostek dalam wilayah ini. Saat ini praktek umum ini sedang dalam proses pengembangan menjadi klinik Yayasan Del.

Dokter yang bertugas:

  1. Eva C. Saragih

  2. Johanes Pardede (Penanggung Jawab Klinik)

Jam Pelayanan:

  1. Hari : Senin – Jumat

  2. Pukul : 16.30 – 19.30