Interest Group

Prodi D-III Teknik Komputer memiliki program Interest Group yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan kemampuan masing-masing mahasiswa. Masing-masing interest group ini memiliki pembimbing yang akan mengarahkan dan membimbing mahasiswa untuk mengembangkan minat. Program ini membuka 4 bidang minat, yaitu:

  1. Administrasi Jaringan Komputer
  2. Sumber :lisahuang.com

Administrasi jaringan komputer bertugas untuk mengatur jaringan komputer baik dalam skala kecil maupun skala besar sehingga berjalan lancar dan efisien. Tanpa administrasi jaringan akan sulit untuk mempertahankan jaringan diskala besar. Mata kuliah yang mendukung interest group Administrasi Jaringan Komputer adalah Antar Jaringan, Administrasi Jaringan, Perangkat Lunak Sistem Jaringan, Keamanan Jaringan, dan Jaringan Komputer.

  1. Komputasi Awan/ Cloud Computing
  2. Sumber :Forbes

Cloud Computing merupakan model untuk mengakses jaringan dengan mudah dan mudah diakses ke kumpulan sumber daya komputasi yang dapat dikonfigurasi (misalnya jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan layanan) yang dapat dengan cepat ditetapkan dengan layanan manajemen penyedia interaksi. Mata kuliah yang mendukung Cloud Computing adalah Penerapan Infrastruktur Cloud, Manajemen Media Penyimpanan Enterprise, dan Virtualisasi Komputer.

  1. Sistem Tertanam/Embeded System
  2. Sumber :IndiaMART

Sistem tertanam merupakan sistem komputer khusus yang dirancang untuk menjalankan tugas tertentu atau bagian dari sebuah sistem yang besar atau produk. Mata kuliah yang mendukung interest group sistem tertanam adalah Sistem Tertanam, Dasar Elektronika, dan Perancangan Antarmuka Pengguna.

  1. Keamanan Jaringan/System Security
  2. Sumber :ECPI University

Kemanan jaringan merupakan suatu cara atauĀ suatu system yang digunakan untuk memberikan proteksi atau perlindungan pada suatu jaringan agar terhindar dariĀ berbagai ancaman luar yang mampu merusak jaringan. Matakuliah ini diampuh pada semester 6.