Kerjasama

Program studi teknik komputer di Institut Teknologi Del menjalin kerjasama untuk memperluas wawasan program studi teknik komputer dan pengembangan mutu pendidikan. Adapun kerjasama yang dilakukan yaitu

1.Sebagai keanggotaan APTIKOM yaitu untuk menelusuri dan mengetahui perkembangan IT di Indonesia khususnya ilmu komputer. Kerjasama yang dilakukan dengan APTIKOM bertujuan untuk membangun, melaksanakan, mengembangkan serta membuat strategi dalam meningkatkan pendidikan berkualitas di Indonesia dan kerjasama dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2015. Dibuktikan oleh lampiran dibawah ini.
Bukti Keanggotaan asosiasi APTIKOM

2.Cisco Academy sehingga mahasiswa program studi teknik komputer bisa mengikuti sertifikasi CCNA dan mendapat peluang untuk mempelajari Cisco melalui Cisco Academy. Program Cisco academy ini diikuti oleh salah satu dosen D3 Teknik Komputer, Pandapotan Siagian yang dibuktikan oleh lampiran dibawah ini.
Surat Tugas Pelatihan CISCO Academy Pandapotan Siagian

3.D3 Teknik Komputer menjalin kerjasama sebagai keanggotaan ACCI (Asosiasi Cloud Computing Indonesia). ACCI merupakan asosiasi bagi para pelaku dan pemerhati Cloud Computing / Komputasi Awan di Indonesia dengan keanggotaan terbuka untuk para Cloud Provider (IaaS, PaaS, SaaS), Perusahaan pengguna layanan Cloud Computing, Lembaga Pendidikan, Profesional dan Pelajar. Dibuktikan oleh lampiran dibawah ini.
Sertifikat Keanggotaan ACCI

4. D3 Teknik Komputer menjalin kerjasama dengan Rajawali Foundation. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan Ilmu pengetahuan dan Teknologi, khususnya terkait, berupa dukungan pendidikan lanjutan kepada dosen dan staf akademik IT Del melalui Center for Policy Reward and Education bekerjasama dengan Harvard University (Amerika Serikat) dan atau Northwestern University (Amerika Serikat) dan atau Australian National University (Australia). Rajawali foundation juga menyediakan beasiswa kepada mahasiswa terbaik IT Del yang terpilih. Dibuktikan oleh lampiran dokumen berikut ini.
Dokumen Perjanjian Kerjasama Beasiswa Rajawali Foundation

5. kerjasama kedua belah pihak antara SMKN1 Pagaran dan D3 Teknik Komputer bertujuan untuk melaksanakan kegiatan praktek kerja industri (Prakerin) secara terpadu meliputi program pendidikan di SMKN1 Pagaran dan kegiatan pelatihan di IT Del secara profesional dengan menggunakan fasilitas dan dibimbing oleh instruktur dari IT Del. Dibuktikan oleh lampiran dokumen berikut ini.
Perjanjian Kerjasama SMKN 1 Pagaran dan IT Del
Kerjasama-Permohonan Penempatan Peserta Didik-Proyek Kerja Industri(Prakerin)-SMK N 1 Pagaran-2017

6. Dalam rangka pelaksanaan uji kompetensi tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) yang diatur dalam petunjuk teknis pelaksanaan ujian kompetensi dari direktorat pembinaan SMK, Direktorat Jendral Pendidikan Menengah, Kementrian Pendidikan Nasional tentang kriteria penguji/asesor eksternal adalah yang relevan dengan kompetensi keahlian yang diujikan. Mengingat Institusi IT Del berhubungan dengan Bidang studi keahlian SMK Negeri 1 Lumbanjulu maka dengan ini SMKN1 Lumbanjulu memohon agar IT Del menugaskan 2 (dua) orang staf untuk ikut sebagai tim penguji eksternal dalam ujian kompetensi kejuruan yang dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 19 Februari 2018 s/d 22 Februari 2018 di SMKN1 Lumbanjulu. Dibuktikan oleh lampiran dokumen berikut ini.
Kerjasama-Permohonan Penguji Eksternal dan Soal Praktik Kejuruan-SMK Negeri 1 Lumban Julu

7. Dalam pemerintahan desa, mesin ketik telah diganti dengan komputer. Dengan demikian, komputer sudah tidak asing lagi di kalangan pedesaan karena adanya program komputer masuk desa. Penggunaan komputer pada tingkat pemerintah desa saat ini lebih dipusatkan pada penggunaan program micorosoft office. Progam ini lebih diutamakan untuk peningkatan pada pelayanan administrasi seperti pembuatan undangan, pembuatan KTP, surat keterangan, surat pindah, dll. Dengan
Laporan Singkat Pelatihan Aparat Desa Halaman 2 dari 28

demikian sudah sewajarnya setiap perangkat desa mampu menggunakan program microsoft office. Namun, fasilitas komputer yang ada pada pemerintahan desa tidak diimbangkan dengan kemampuan sumberdaya perangkat desanya. Masih banyak perangkat desa yang belum bisa mengoperasikan komputer. Bahkan, sekedar mengoperasikan program microsoft office mereka belum bisa. Keadaan demikian tentu saja dapat menghambat pelayanan mereka kepada masyarakat desa.

Dengan mempertimbangkan latar belakang yang telah diutarakan di atas, setelah melalui koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir maka Institut Teknologi Del (IT Del) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), pada tanggal 1 Agustus 2016 – 16 Desember 2016 mengadakan pelatihan penggunaan komputer, penggunaan aplikasi Microsoft Office dan pemanfaatan internet bagi perangkat desa di pemerintahan Kabupaten Toba Samosir. Dibuktikan oleh lampiran dokumen berikut ini.
Bukti kerjasama dengan Pemkab Tobasa Pelatihan TIK

Back

Next