Kerjasama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan IT Del untuk program magang bersertifikat di BUMN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mencanangkan program magang bersertifikat yang bekerja sama dengan berbagai universitas di Indonesia. Tujuan program magang bersertifikat adalah mendukung program Pemerintah terkait Pemagangan sebagai Implementasi BUMN Hadir Untuk Negeri, merupakan Program Pengayaan Wawasan dan Keterampilan untuk mempersiapkan Mahasiswa masuk ke dunia Kerja, meningkatkan kompetensi Mahasiswa dalam menghadapi persaingan global, Link & Match Kurikulum & Silabus antara PTN/PTS dengan Sektor Industri. Para peserta merupakan Mahasiswa Aktif (D3/S1) dan kegiatan ini dapat juga sebagai alternatif sumber awal rekrutmen.

Magang Bersertifikat merupakan program di bawah naungan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang dibina oleh Kementerian BUMN untuk menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi. FHCI (http://www.fhcibumn.com/) adalah perhimpunan para direktur SDM agar dapat bersama-sama membantu memikirkan solusi terbaik untuk pengelolaan SDM BUMN melalui berbagi praktik terbaik dan memberikan membina komunikasi antara Pengelola Human Capital di kalangan BUMN dan menghasilkan rekomendasi kepada Kementerian BUMN dalam rangka menciptakan modal manusia yang berdaya saing global.

IT Del bersama dengan ITS, UMSU, Politeknik Negeri Surabaya, Politeknik Manufaktur Bandung, Universitas Sriwijaya, Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas Jambi, Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Sumatera Utara menandatangi perjanjian kerjasama dengan pada tanggal 30 Agustus 2018 dengan Forum Human Capital Indonesia di Aula Danau Toba PT Angkasa Pura Kuala Namu. Perjanjian ini berlaku selama lima tahun. FHCI diwakili oleh Ketua Umum Herdy Harman dan perguruan tinggi diwakili oleh para pimpinan masing-masing. Rektor IT Del didampingi oleh Dr. Bambang Abednego, Wakil Rektor III dan Ketua LPPM IT Del.

Pada sambutannya, Herdy menyampaikan bahwa tujuan utama kerjasama adalah dalam rangka menciptakan SDM Indonesia yang unggul melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat. “Pada kesempatan yang berharga ini, perwakilan departemen modal manusia dari seluruh BUMN hadir pada kegiatan FHCI yang bertema ‘Talent Mobility & People Analytics in Implementation’. Jalinan kerjasama ini memberikan kesempatan bagi BUMN untuk hadir bagi negeri dalam membina sumberdaya manusia yang unggul melalui program magang selama enam bulan dan diberikan sertifikat bagi yang lulus tes”, papar Herdy. Herdy juga menyarankan agar para pimpinan perguruan tinggi segera melakukan perjanjian kerjasama dengan BUMN untuk pelaksanaan program magang dengan sertifikat ini.

Pada kesempatan yang terpisah, Rektor IT Del menyampaikan bahwa melalui program magang ini diharapkan para mahasiswa IT Del akan mendapatkan pengalaman tentang praktik kerja nyata dan sekaligus mendapatkan kesempatan yang tinggi untuk langsung bekerja di casino online dinheiro real perusahaan BUMN tempat ia magang. Proses kerjasama ini dirintis dengan adanya dialog yang intentif antara Dr. Arlinta Barus selaku Wakil Rektor I yang dibantu oleh PT Inalum dengan FHCI.

IT Del akan mempersiapkan kebijakan dan perencanaan agar program magang ini dapat berhasil, antara lain menyiapkan kurikulum dan silabus pemagangan, menyediakan mahasiswa pemagangan sesuai dengan kebutuhan BUMN, melakukan Proses Seleksi Mahasiswa Pemagangan sesuai Kebutuhan BUMN, menyiapkan Evaluator Pemagangan, dan menyiapkan Perjanjian Pemagangan dengan mahasiswa. BUMN yang akan menjadi mitra program ini dimulai dengan yang berdomisili di Sumatera Utara seperti Inalum, Pelindo I, Angkasa Pura II, Perum Damri, Perkebunan Nusantara IV, Pegadaian, dan Perusahaan Gas Negara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *