Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME)

Sebagai Pendidikan Tinggi Teknik, Institut Teknologi Del (IT Del) senantiasa melakukan perbaikan mutu dari waktu ke waktu untuk dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang unggul dan menghasilkan lulusan yang berkarakter, berkompeten, dan berkomitmen untuk memberikan manfaat dimanapun berada bagi kemajuan bangsa yang lebih baik. Salah satu kegiatan penting adalah melakukan Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Ekternal (SMPE) dalam skema Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul Tahun 2018 yang diberikan oleh Universitas Kristen Petra Surabaya. Lokakarya ini dilakukan di Kampus Institut Teknologi Del Kabupaten Toba Samosir pada tanggal 28-30 Juni 2018.
Lokakarya ini sangat bermanfaat terutama untuk program studi yang akan segera melakukan akreditasi dan reakreditasi dalam waktu dekat antara lain Program Studi Diploma 3 Teknik Informatika, Diploma 3 Teknik Komputer, dan Sarjana Manajemen Rekayasa. Ketua Satuan Penjaminan Mutu IT Del mengatakan bahwa tujuan dari lokakarya ini adalah untuk membenahi berbagai dokumen yang diperlukan untuk melakukan perbaikan mutu yang berkesinambungan. Data adalah merupakan unsur utama dalam melakukan perbaikan yang perlu direkam, disimpan, dan dapat dipergunakan oleh warga Institut yang terlibat dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Hasil yang diharapkan antara lain:

  1. IT Del dapat mengevaluasi program studinya terkait standar/kriteria apa saja yang pencapaian mutunya masih belum memenuhi standar yang diharapkan.
  2. IT Del dapat membuat rencana tindak (action plan) untuk mencapai standar mutu yang telah ditetapkan.
  3. IT Del dapat mempersiapkan diri untuk melakukan akreditasi dan reakreditasinya.

Fasilitator lokakarya ini yaitu Drs. Heri Saptono W., M.Si. dan Ir. Hanny Hosiana Tumbelaka, M.Sc., Ph.D. Materi yang disampaikan untuk lokakarya yaitu Sistem Penjaminan Mutu Eksternal Perguruan Tinggi, dokumen akademik, dokumen mutu, dan audit mutu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *