Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Sebagai Pendidikan Tinggi Teknik, Institut Teknologi Del (IT Del) senantiasa melakukan perbaikan mutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan agar menghasilkan lulusan yang berkarakter, berkompeten, dan berkomitmen untuk memberikan manfaat dimanapun berada bagi kemajuan bangsa yang lebih baik. Salah satu kegiatan penting adalah melakukan Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam skema Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul Tahun 2018 yang diberikan oleh Universitas Kristen Petra Surabaya. Lokakarya ini dilakukan di Kampus Institut Teknologi Del Kabupaten Toba Samosir pada tanggal 17-19 Juli 2018.

Lokakarya ini sangat bermanfaat karena setiap perguruan tinggi mempunyai kewajiban melaksanakan penjaminan mutu perguruan tingginya sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan. Standar-standar tersebut perlu dijabarkan berdasarkan visi dan misi IT Del, langkah-langkah penetapannya, pelaksanaannya, evaluasinya, pengendaliannya dan peningkatnya (PPEPP) sehingga sistem penjaminan mutu di IT Del dapat dilaksanakan secara terstruktur, objektif, berdasarkan data, tranparan dan akuntabel. Ketua Satuan Penjaminan Mutu IT Del mengatakan bahwa tujuan dari lokakarya ini adalah untuk membenahi berbagai dokumen mutu dimulai dengan penyusunan Kebijakan SPMI, Manual SPMI berupa PPEPP (penetapan standar, pelaksanaan standar, evalusai pelaksanaan standar, pengendalian standar dan peningkatan standar), Standar SPMI dan formulir-formulirnya. Hasil yang diharapkan antara lain:
1. IT Del memiliki sebagian dokumen SPMI yang sesuai dengan konsep PPEPP.
2. IT Del memiliki tim-tim penyusun standar SPMI yang telah memahami langkah-langkah penyusunan dokumen SPMI untuk menyelesaikan perbaikan dokumen standar SPMI lainnya.
Fasilitator lokakarya ini yaitu Dr. Dra. Jenny Mochtar, M.A. dan Ir. Emmy Hosea, M.Eng.Sc. Materi yang disampaikan untuk lokakarya yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi, dokumen mutu, dan audit mutu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *