Introduction To Ethical Hacking

Pembicara : Ivan F Simatupang dan Bimo Ammarullah

Pada tanggal 20 Oktober 2018 HIMATEK ITDEL (Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Institut Teknologi Del) mengadakan Workshop dengan tema “Introduction to Ethical Hacking” di Gedung 714. Acara ini dibuka oleh Pengurus HIMATEK dan acara dilanjutkan oleh pembicara dan beberapa instruktur yang telah berpengalaman dibidangnya. Tujuan workshop ini adalah mengenalkan dunia Cyber Security.

Workshop ini dibagi dalam 2 sesi, yaitu sesi teori dan sesi praktikum, pada sesi teori dijelaskan mengenai hacking yang meliputi tipe hacker, jenis-jenis penyerangan, fase hacking dan etika hacking, Dan pada sesi praktikum  para mahasiswa/I diajak untuk berfokus pada bagian “Information Gathering” atau biasa disebut sebagai mencari informasi mengenai target. Pada hal ini mahasiswa/i menggunakan bantuan tools open source yang bernama nmap (network mapper),  dan memanfaatkan tool ini untuk mencari host yang aktif pada jaringan internet tertentu, kemudian mahasiswa/I juga dapat mencari tahu informasi sistem operasi dari ip address yang di temukan, dan masih banyak lagi informasi yang akan  dicapai menggunakan tool nmap tersebut. Dalam dunia hacking, informasi merupakan hal yang sangat penting, dan merupakan landasan awal sebelum melakukan exploit atau hack pada target.

Workshop berjalan dengan lancar, setiap mahasiswa/i mampu mengikuti kedua sesi dengan baik. Workshop ditutup oleh pengurus HIMATEK disertai dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *